Bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha agar lebih besar lagi, mengajukan kredit modal bisnis bisa jadi solusi untuk impian tersebut. Dengan Memanfaatkan bantuan finansial tersebut, Anda jadi bisa memiliki tambahan dana untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan. Anda pun bisa memfokuskan diri untuk menambah produktivitas bisnis.

Hal tersebut tentu bisa membuat Anda semakin yakin untuk mengajukan kredit modal bisnis. Namun, keraguan mungkin Anda rasakan karena masih belum mengerti dengan syarat dan prosedur yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan pinjaman tersebut.

Untuk menjawab rasa ingin tahu tersebut, simak yuk syarat lengkap yang harus Anda penuhi saat ingin memanfaatkan kredit modal bisnis berikut ini!

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Syarat pertama yang harus Anda persiapkan tentu saja identitas diri. Oleh sebab itu, jangan lupa menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat proses pengajuan kredit modal usaha ya.

Perlu diingat, identitas tersebut harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini ya. Jika berbeda, Anda wajib melampirkan surat keterangan dari kelurahan tempat tinggal saat ini.

Untuk Anda yang sudah menikah, jangan lupa juga sertakan KTP pasangan di dalam dokumen. Tujuannya adalah agar pihak bank tahu kalau pengajuan tersebut sudah diketahui oleh kedua belah pihak.

2. Akta Nikah

Bukan hanya KTP Anda dan pasangan. Jika status Anda sudah menikah, pihak bank secara otomatis akan meminta fotokopi akta nikah sebagai salah satu syarat dokumen yang harus dilengkapi. Akta tersebut diminta sebagai jaminan bahwa pihak bank tahu jika barang yang digunakan adlah harta perseorangan atau harta bersama.

3. Kartu Keluarga (KK)

Syarat kredit modal bisnis berikutnya adalah Kartu Keluarga (KK). Pihak bank akan menganalisis berapa besar beban atau anggota keluarga yang jadi tanggungan Anda.

Biasanya pihak bank akan ragu untuk menyetujui pengajuan dari nasabah jika beban yang ditanggung oleh mereka terlalu besar. Alasannya karena resiko kredit macet atau pembayaran angsuran yang tidak lancar mungkin saja terjadi karena hal ini.

4. Lampiran Slip Gaji

Syarat selanjutnya adalah slip gaji. Dengan mengetahui berapa penghasilan yang Anda miliki setiap bulan, akan lebih mudah bagi pihak bank membuat keputusan penyetujuan serta nominal pinjaman yang diperoleh nasabah.

5. Lampiran Buku Tabungan dan Laporan Kredit  

Syarat terakhir adalah melampirkan buku tabungan sebagai petunjuk kondisi kemampuan finansial Anda. Laporan yang dilihat biasanya berjangka waktu tiga bulan terakhir.

Besarnya saldo tabungan dapat menandakan kesanggupan Anda dalam membayar angsuran untuk pelunasan kredit.

Sementara itu, laporan kredit digunakan untuk melihat riwayat Anda ketika membayar tagihan utang. Pihak bank perlu tahu apakah Anda adalah nasabah yang bandel atau disiplin dalam kewajiban melunasi pinjaman yang dimiliki.

Jika semua persyaratan ini sudah dipenuhi, jangan lupa untuk selalu mengecek https://www.cekaja.com/small-business-banking. Membuat keputusan finansial yang bijaksana dan cerdas pasti akan lebih mudah Anda lakukan bersama CekAja.com