Perjanjian pembayaran angsuran kredit tanpa agunan tepat waktu merupakan kewajiban bagi Anda sebagai debitur. Hal tersebut juga diharapkan oleh pihak bank CTBC sebagai salah satu bank yang menawarkan produk KTA kepada debitur. Jika terlambat membayar, sudah pasti anda akan dikenakan biaya keterlambatan KTA bank CTBC.

Karena berbagai macam alasan beberapa orang sering kali terkena sanksi karena melakukan keterlambatan pembayaran.Hal tersebut terjadi karena alasan yang bervariasi, misalnya seorang debitur KTA bank CTBC mengalami sakit sehingga membutuhkan banyak dana untuk berobat yang menyebabkan kelancaran pembayaran KTA menjadi terganggu.

Jika dilakukan secara terus menerus pelanggaran tersebut akan membawa dampak buruk bagi debitur, selain harus membayar biaya keterlambatan KTA bank CTBC, berikut ini 2 dampak buruk pembayaran KTA yang bermasalah.

(Baca juga: Kelebihan KTA Bank CTBC dengan Bank Lain)

Pembayaran KTA yang sering telat berdampak pada track record yang buruk

Setiap bank biasanya memiliki kebijakan tersendiri untuk mengatasi pembayaran pinjaman bermasalah. Tetapi jika hal tersebut merupakan pelanggaran yang tergolong berat setiap bank akan mengenakan sanksi yang cenderung sama seperti dibawah ini:

  1. Keterlambatan pembayaran cicilan secara berulang-ulang menyebabkan penilaian kredit anda menjadi buruk. Hal tersebut menyebabkan pihak bank sulit menyetujui apabila anda ingin mengajukan pinjaman selanjutnya.
  2. Jika keterlambatan pembayaran tersebut tergolong parah, anda bahkan akan di blacklist oleh pihak bank dan tidak bisa melakukan pinjaman lagi untuk kedua kalinya. Beberapa blacklist masuk ke dalam catatan bank Indonesia (BI) dan tidak hanya berdampak pada kredit KTA anda tetapi juga segala macam jenis pengajuan kredit yang diseleksi melalui BI checking.

Pihak bank masih bisa memberikan toleransi apabila pembayaran kredit anda hanya terlambat 1 atau 2, biasanya pihak bank hanya akan memberikan sanksi berupa penambahan denda sebagai biaya keterlambatan. Besar denda setiap bank bervariasi sesuai kebijakan dari bank tersebut. Biaya keterlambatan KTA bank CTBC sebesar 5% tergolong denda yang cukup ringan dibandingkan denda pinjaman KTA pada bank lain. Hal ini menjadikan produk KTA dari bank CTBC banyak dipilih sebagai alternatif untuk memperoleh dana secara cepat.

Denda 5% untuk biaya keterlambatan KTA bank CTBC yang bermasalah

Denda merupakan salah satu bentuk sanksi yang dijatuhkan oleh pihak bank kepada peminjam. Besaran denda bervariasi tergantung dari ketentuan masing-masing bank. Seperti yang lain bank CTBC juga menerapkan sistem denda kepada debitur yang cicilan KTAnya tidak lancar.

Biaya keterlambatan bank CTBC  sebesar 5% per bulan dari jumlah angsuran bulanan yang tertunggak, denda tersebut akan ditambahkan secara otomatis kedalam tagihan ketika sudah melewati jatuh tempo yang ditentukan.

Tidak ingin terkena denda, bayar cicilan KTA tepat waktu

Sebagai seorang debitur dari bank CTBC, sebaiknya anda mengusahakan pembayaran cicilan KTA tepat waktu. Karena jika pembayaran sudah lewat jatuh tempo yang disepakati secara otomatis pembayaran jumlah angsuran KTA bersama denda akan bertambah banyak. Hal tersebut akan memberatkan anda bukan?

INFO MODAL USAHA TERKINI

Oleh karena itu untuk terhindar dari segala macam ancaman denda tersebut, sebaiknya anda mengusahakan untuk rajin membayar angsuran sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Untuk anda yang tertarik dengan produk KTA bank CTBC silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/banks/ctbc/pinjaman/kta-ctbc, di halaman web tersebut anda dapat menemukan dan membandingkan keunggulan KTA bank CTBC dibandingkan dengan KTA dari bank lain. Cekaja.com membantu untuk mendapatkan pilihan produk KTA terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.