Dewasa ini memang ada banyak bank yang menawarkan kemudahan dalam meminjamkan dana. Meskipun demikian, Anda tidak bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dana. Pasalnya, ada banyak alasan yang membuat pinjaman dana Anda ditolak oleh pihak bank. Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya perhatikan tips pinjaman dana disetujui oleh pihak bank.

Kira-kira faktor apa saja yang membuat pinjaman Anda dapat mudah disetujui dan dana tersebut dapat dengan mudah dicairkan? Berikut ulasannya.

 

Pastikan Rekam Jejak Kredibitas Pinjaman Anda Baik.

 

Sebelum Anda melakukan pinjaman ke pihak bank, pastikan Anda tidak memiliki pinjaman ke beberapa bank yang lain.

Selain itu, pastikan Anda tidak pernah mengalami masalah terkait peminjaman, bisa karena seringnya terlambat membayar pinjaman hingga pemalsuan data dan kejahatan lainnya terkait peminjaman ke pihak bank.

Pasalnya, rekam jejak Anda saat melakakan peminjaman dapat dicek oleh pihak bank melalui BI checking.

Berdasarkan rekam jejak BI checking tersebut pihak bank dapat mengetahui apakah Anda termasuk seseorang yang mempunyai kredibilitas atau kemampuan yang baik untuk mendapatkan pinjaman.

(Baca juga:

Tips Penggunaan Dana Dari KTA HSBC untuk Modal Usaha Entrepreneur!

 

Pastikan Anda Mempunyai Penghasilan yang Tetap

 

Selain telah memiliki kredibilitas yang baik sebagai peminjam, Anda juga harus mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan pinjaman. Sehingga salah satu persyaratan pinjaman bank yaitu Anda wajib mempunyai pendapatan yang tetap setiap bulan.

Pastikan Anda mempunyai penghasilan, baik sebagai karyawan maupun pengusaha. Sehingga salah berkas persyaratan yang harus Anda penuhi yaitu bukti tertulis berupa slip gaji atau sejenisnya yang menyatakan besaran gaji Anda setiap bulannya.

Apabila Anda bekerja sebagai pengusaha Anda harus menerangkan secara jelas jenis usaha Anda dan bagaimana kondisi usaha Anda saat ini dengan beberapa bukti tertulis.

Selanjutnya, pastikan besaran pinjaman dan cicilan sudah disesuaikan dengan besaran penghasilan Anda setiap bulannya. Alasannya agar cicilan bisa Anda bayar dengan lancar.

Untuk itu, sebelum melakukan peminjaman sebaiknya Anda melakukan simulasi pinjaman terlebih dahulu. Agar Anda bisa menyesuaikan sendiri besaran total keseluruhan pinjaman Anda dan besaran cicilan dengan besarnya gaji Anda, serta lamanya waktu pinjaman tersebut.

 

Perhatikan Semua Berkas Persyaratan Pinjaman Anda Diisi dengan Benar dan Lengkap

 

Tips pinjaman dana disetujui selanjutnya yaitu pastikan semua berkas persyaratan administrasi yang dibutuhkan selama proses pinjaman ke pihak bank sudah diisi dengan benar dan sudah lengkap.

Setiap bank biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda yang menyesuaikan dengan kebutuhan bank masing-masing.

Namun, persyaratan paling umum biasanya wajib dipenuhi oleh pihak peminjam yaitu identitas peminjam yang berupa kartu tanda penduduk dan sejenisnya.

Bukti secara tertulis berupa slip gaji atau penghasilan setiap bulannya. Bukti tertulis surat izin usaha bagi Anda seorang pengusaha.

Bagi Anda yang melakukan pinjaman dengan jaminan, Anda juga harus menambahkan dokumen bukti tertulis secara legal yang menyatakan bahwa aset berharga yang Anda jadikan jaminan, memang benar milik Anda.

Selain itu, sediakan juga beberapa berkas persyaratan tambahan lainnya yang wajib Anda lampirkan sesuai persyaratan di masing-masing bank.

Ketika melengkapi berkas pengajuan pinjaman ini pastikan semua berkas Anda itu benar, jangan pernah mencoba untuk melakukan pemalsuan berkas, karena akibatnya bisa sangat fatal.

 

Usahakan Anda Menyediakan Jaminan Berupa Aset Berharga dan Bukti Tertulis yang Resmi

 

Meskipun tidak semua pinjaman yang mensyaratkan adanya jaminan yang biasanya lebih dikenal dengan istilah kredit tanpa angunan (KTA).

Namun, untuk lebih meyakinkan dan memudahkan Anda mendapatkan persetujuan dari bank. Sebaiknya Anda menyediakan jaminan yang biasanya berupa aset berharga.

Selanjutnya Anda bisa melampirkan bukti secara tertulis dan resmi jaminan sebagai salah satu persyaratan apabila Anda melakukan pinjaman dengan menggunakan jaminan.

Kelebihan lain dari pinjaman menggunakan jaminan yaitu biasanya jumlah dana pinjaman bisa lebih besar daripada pinjaman dengan KTA.

Namun, biasanya pihak bank mensyaratkan agar besarnya pinjaman tidak boleh lebih besar dari total dana aset yang dijadikan jaminan. Selain itu, terdapat aturan lainnya yang berbeda-beda di tiap bank terkait pinjaman.

 

Yakinkan kepada Pihak Bank Apa Motivasi Anda Meminjam Dana Tersebut.

 

Tips lainnya yang juga dinilai ampuh agar pinjaman Anda disetujui oleh pihak bank yaitu Anda perlu meyakinkan pihak bank apa alasan yang kuat yang membuat Anda meminjam bank.

Apakah untuk modal usaha, membeli properti, dan lainnya. Tujuan Anda dalam meminjam bank yang tepat guna akan memudahkan pihak bank untuk menyetujui pinjaman dana Anda.

Apabila Anda meminjam dana bank untuk keperluan modal pendanaan usaha, sebaiknya buatlah proposal secara jelas dan rinci terkait anggaran dana yang akan dialokasikan sebagai modal usaha.

Selain meyakinkan pihak dengan bank terkait tujuan Anda melakukan pinjaman dana, Anda juga perlu meyakinkan kepada pihak peminjam dana bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman dana tersebut dan Anda bisa membayar cicilan setiap bulannya secara rutin tanpa keterlambatan.

Itulah tips sukses meminjam dana agar disetujui oleh pihak bank dengan cepat. Mulai dari rekam jejak kredibilitas peminjam,  penghasilan yang tetap, melengkapi semua berkas persyaratan administrasi, menyediakan jaminan, hingga menjelaskan tujuan Anda meminjam dana pinjaman ke pihak bank.

Namun, apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam proses peminjaman dana, Anda bisa mengakses situs cekaja.com melalui https://cekaja.com/kredit, agar proses pinjaman dana Anda ke pihak bank berjalan dengan lancar. Semoga artikel tips pinjaman dana disetujui oleh pemberi pinjaman tersebut bermanfaat bagi Anda.

Jangan lupa bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai informasi mengenai asuransi terbaik Indonesia dengan mengunjungi situsnya dan juga baca artikelnya sehingga kamu dapat infomasi terkini dan terlengkap. Jangan ragu! kunjungi https://www.asuransiterbaikindonesia.com/