Skor Kredit Peminjam sangat memengaruhi peluang pengabulan permohonan kredit yang Anda ajukan pada pihak kreditur. Sebab, skor kredit itulah yang akan dijadikan indikator kelayakan serta kemampuan Anda menjalani tanggungan kredit dalam tenor waktu tertentu. Oleh karena itu, Anda harus memahami betul apa itu skor kredit dan bagaimana cara menjaganya.

Sebelumnya, sudah disinggung bahwa skor kredit adalah nilai atau indikator yang menunjukkan kelayakan Anda dalam urusan kredit. Penentuan skor kredit dilihat dari historis kredit dengan berbagai lembaga keuangan. Jika Anda memiliki skor kredit tinggi, kreditur akan lebih mudah meminjamkan kredit pada Anda dan bunga yang ditawarkan pun relatif rendah. Sebaliknya, permohonan Anda akan sulit untuk diterima jika skor kredit rendah.

Karena Anda tidak memiliki kendali langsung terhadap skor kredit, Anda harus pintar-pintar mengakali aktivitas kredit Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan menaikkan jumlah skor kredit.

 

Pastikan Kredibilitas Kredit Lancar

Membayar angsuran sesuai tempo adalah salah satu cara terpenting dalam menjaga stabilitas skor kredit. Historis Anda sebagai kreditur akan lebih terpercaya jika Anda selalu membayar kredit tepat waktu. Dengan begitu, peluang Anda untuk menggunakan fasilitas kredit pun jadi semakin terbuka lebar karena tidak ada riwayat kredit macet atau masalah lainnya.

 

Hindari Pengajuan Kredit Secara Bersamaan

Aktivitas kredit yang aktif dan lancar memang bisa meningkatkan skor kredit Anda. Hanya saja, perhatikan jangka waktu pengambilan kredit. Contohnya adalah cicilan kartu kredit. Jika Anda ingin membeli dua barang dengan cara dicicil, beri jangka waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun dari awal cicilan barang pertama. Selama jangka waktu tersebut, pastikan Anda selalu membayar cicilan tepat waktu agar riwayat kredit Anda tetap terjaga.

 

Aktif Menggunakan Kredit

Mungkin Anda berpikir untuk meningkatkan skor kredit dengan cara meminimalisir penggunaan kredit. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari cicilan kredit menumpuk yang berisiko menimbulkan kredit macet. Namun, menghindari kredit justru akan menurunkan skor kredit Anda. Jadi, tetap gunakanlah satu atau dua jenis produk kredit dengan risiko minimum agar skor kredit Anda tetap stabil.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda. Jika Anda pintar dan bijak menggunakan produk kredit, skor kredit Anda bisa dipastikan akan terus meningkat atau setidaknya stabil tanpa mengalami penurunan. Jadi, pastikan Anda tahu betul tips dan trik seputar skor kredit.

Kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang kredit, Anda bisa langsung klik https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ untuk informasi lebih lanjut seputar skor kredit. Ada juga informasi lain seputar keuangan, lho! Yuk, belajar bersama Cekaja.com.