Tak hanya mendapatkan penghasilan dari kerja kantoran atau buruh, kini masyarakat sudah mulai memutar otak agar keuangan mereka bisa terus produktif. Nah salah satu caranya adalah dengan berbisnis. Dari mulai bisnis kecil-kecilan hingga bisnis besar, semua bisa dijalani jika dengan niat yang besar. Salah satu bisnis yang sedang banyak digeluti adalah bisnis franchise. Dari mulai bisnis franchise minuman, makanan hingga barang, semua bisa dijalani.

Namun, ketika Anda memilih berbisnis franchise, berarti Anda setuju memilih bekerja sama dengan orang lain. Nah, sebelum Anda bergabung, Anda juga pastikan harus benar-benar teliti untuk memilih franchise yang tepat.
Pasalnya, memang ada beberapa kriteria yang patut Anda pertimbangkan sebelum bergabung dan membeli bisnis franchise. Berikut ada beberapa acuan bagi Anda yang masih bingung untuk mengetahui kriteria bisnis franchise yang tepat:

1. Perkembangan industri

Biasanya, bisnis yang selalu update dan mudah terkenal adalah bisnis kuliner atau bisnis franchise minuman dan makanan. Nah, pastikan Anda juga memilih bisnis franchise yang perkembangan industrinya sedang naik. Namun, meski begitu Anda juga harus memperhatikan hal apa yang menjadi pembeda dari bisnis franchise kuliner lainnya.

2. Perkembangan Unit

Semakin banyaknya unit yang dibangun dari sebuah brand, maka akan semakin tinggi brans awareness orang-orang terhadap produk tersebut dan semakin banyak pula peluang bagi Anda untuk mendapat keuntungan dari membangun unit yang baru.

Baca Juga: Tips Memilih Dana Tunai Online yang Berkualitas

3. Dukungan dari Franchisor

Ketika Anda menyetujui pembeli franchise, maka pihak franchisor juga akan bertenggung jawab atas terbangun dan berjalannya unit franchise yang baru untuk Anda. Tidak hanya itu, mereka juga harus selalu siaga dalam membimbing franchisee (sebutan untuk customer franchise). Namun, jika sebelum membeli Anda sudah meragukan keseriusan pihak franchisor dalam membantu dan membimbing Anda, lebih baik jangan dipilih, dan lanjut mencari franchise yang tepat dan juga aman.

4. Manajemen yang baik

Tidak hanya berupa dukungan, pihak franchisor sejatinya juga harus memiliki manajeman yang baik. Sebab, jika manajemen internalnya saja tidak teratur, bagaimana franchisor akan mengatur franchisee dan segala kebutuhannya yang akan nanti? Nah, maka dari itu, pilihlah franchisor yang manajemen dan sistem internya baik, dan jika berantakan, lebih baik jangan dipilih.

5. Dukungan pemasaran dan periklanan

Tidak berdiri seorang diri, pihak franchisor juga harus membantu dukungan dalam stragtegi pemasaran dan periklanannya. Anda juga perlu perhatikan pemasaran dan periklanan yang digunakan oleh franchisor, apakah berhasil membawa brand tersebut menjadi populer dan dikenal masyarakat?

Bila Anda yakin, dan merasa brand tersebut sudah dikenal baik oleh masyarakat, Anda bisa ikut bergabung, karena hal tesrebut akan berpengauh pada bisnis franchise Anda selanjutnya. Jika masih ragu dengan pemasaran dan periklanan brand tersebut, lebih baik jangan bergabung.

6. Testimoni Franschisee yang puas

Cara lain untuk mengetahui franchise tersebut masuk kriteria bisnis yang baik adalah dengan tanyakan kepada franchisee yang sudah berhasil. Misalnya ketika Anda mengunjungi ke rumah makan dari franchise tertentu, Nah di sana Anda bisa tanyakan beberapa hal seperti harga bergabung, fasilitas apa saja yang diterima dan hal penting lainnya.

Hal ini juga menjadi hal penguat kepercayaan Anda sebelum siap membangun bisnis franchise kuliner.

7. Estimasi Pendapatan

Dalam membangun bisnis, pastinya Anda menginginkan keuntungan bukan? Nah di sini Anda juga perlu perhatikan estimasi pendapatan per bulan oleh franchisor. Tanyakan secara detail darimana pendapatan itu berasala dari mana saja, perhitungkan juga segala biaya-biaya produksi dan lain-lain.

8. Manajemen keuangan

Hal selanjutnya yang paling penting untuk ditanyakan saat ingin membeli bisnis franchise adalah tanyakan dan perika juga laporan keuangan bisnis brand franchise tersebut. Laporan keuangan yang selalu surplus (minim defisit) merupakan tanda bahwa ia dapat menjadi mitra kerja sama yang baik.

Itu dia beberapa tips memilih kriteria bisnis franchise yang tepat untuk Anda. Bicara soal membangun bisnis, pastinya pikirkan juga modal yang harus disiapkan. Usahakan juga Anda untuk memilih bisnis franchise terbaik dengan modal kecil. Bagaimana caranya? Cari tahu informasi selanjutnya terkait cara memilih bisnis franchise bagus dengan modal kecil di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-memilih-bisnis-franchise-terbaik-bermodal-kecil/