Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki fasilitas pinjaman KTA, terkadang terlena dalam penggunaan pinjaman tersebut sehingga lupa akan kewajiban setelah proses pencairan yakni pembayaran pinjaman. Untuk itu Anda perlu mengetahui tips melunasi KTA bank Standard chartered tepat waktu guna menghindari adanya denda yang dibebankan kepada anda.

(Baca juga: Inilah Tips Melunasi KTA Mandiri Tepat Waktu untuk Kamu!)

Apa Saja yang Akan Dikenakan Jika Terlambat Membayar Tagihan?

Terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan akan merugikan diri Anda sendiri nantinya. Selain beban pikiran Anda menjadri bertambah, pengeluaran Anda pun akan ikut bertambah.

Ketika Anda telah mengalami keterlambatan pembayaran, Anda akan dikenakan denda yang biasanya disebut denda atas keterlambatan. Besarnya nilai denda ini berbeda-beda untuk setiap bank. Denda ini pun dapat diakumulasi sesuai dengan berapa banyak bulan yang telah Anda lewatkan pembayarannya.

Selain pembayaran biaya denda, Anda akan dikejar oleh kolektor. Kedatangan kolektor ini, baik secara langsung atau melalui telepon, tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Maka, melakukan pembayaran tepat waktu tak akan membuat Anda mengalami hal tersebut.

Tidak berhenti sampai disini, jika Anda sudah sering telat membayar cicilan, bukan tidak mungkin Anda akan masuk kedaftar hitam sehingga kedepan akan sulit untuk melakukan pinjaman.

Tips Jitu Melunasi KTA Bank Standard Chartered Tepat Waktu

Pinjaman jenis KTA di bank Standard Chartered merupakan sebuah solusi tepat dan paling mudah untuk mengatasi permasalahan keuangan dan menutupi kebutuhan Anda yang bersifat urgent.

Namun, ketika dana pencairan KTA ini telah Anda gunakan, jangan sampai membuat Anda lalai dengan pembayarannya.

Kelalaian pembayaran dapat dihindarkan jika Anda mengetahui cara mengatasinya hingga tiba pada saat akhir pelunasan. Berikut adalah tips jitu dalam melunasi pinjaman KTA di Bank Standard Chartered secara tepat waktu.

 

Catat Tanggal Jatuh Tempo

 

Pada saat pencairan pinjaman fasilitas KTA, pihak bank akan memberitahukan tanggal jatuh tempo atas pinjaman Anda. Tanggal jatuh tempo ini merupakan tanggal yang ditetapkan oleh pihak bank untuk membayar tagihan pinjaman setiap bulannya sesuai dengan tanggal pada saat pencairan.

Catat langsung tanggal jatuh tempo begitu KTA telah selesai dicairkan. Bila perlu lingkari tanggal tersebut pada kalender Anda atau buatlah alarm pengingat pada kalender ponsel Anda.

 

Segera Lakukan Pembayaran

 

Jangan biarkan diri Anda menunda pembayaran. Jika dana untuk tagihan pinjaman sudah ada, segera lakukan pembayaran melalui atm atau langsung ke bank Standard Chartered terdekat.

Usahakan untuk melakukan pembayaran maksimal 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini dikarenakan oleh proses pembayaran tersebut bisa memakan waktu selama sekitar 2 hari.

 

Usahakan Jangan Pernah Ada Tunggakan

 

Jika Anda sampai melupakan tanggal jatuh tempo dan terlambat melakukan pembayaran, Anda akan mengalami tunggakan. Tunggakan pembayaran ini akan diikuti oleh denda atas keterlambatan Anda.

Apabila Anda telah mengalami hal ini, Anda harus siap mengeluarkan dana lebih dari kantong Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari hal tersebut agar Anda dapat melunasi pinjaman KTA Anda dengan tepat waktu.

 

Buat List Biaya Pengeluaran Anda

 

Untuk membatasi biaya bulanan, buatlah daftar pengeluaran rutin pada setiap bulannya. Buatlah daftar serasional dan sebaik mungkin agar tak melebihi dari pemasukan yang Anda dapat setiap bulan.

Jangan lupa masukkan jumlah tagihan pembayaran pinjaman Anda pada daftar pengeluaran tersebut bersama pengeluaran wajib lainnya yang rutin dikeluarkan setiap bulan. Hal ini berguna agar Anda tak melewatkan pembayaran.

 

Sisihkan Sesuai yang Sudah Ditentukan

 

Bagi pengeluaran sesuai dengan yang telah Anda catat. Pembagian ini berguna untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran dan membatasi pengeluaran.

Tidak hanya sebatas itu, Anda juga akan berpikir ulang jika ingin membeli sesuatu yang sifatnya tak terlalu dibutuhkan.

 

Kurangi dan Hindari Sifat Konsumtif

 

Sifat konsumtif akan merugikan Anda dan dapat mempengaruhi biaya pengeluaran bulanan. Penggunaan dana yang tak terkontrol akan membuat kantong Anda mengalami pembengkakan dana.

Semakin sedikitnya dana yang tersisa, dapat mempengaruhi Anda untuk menggunakan dana yang telah disiapkan sebagai pembayaran tagihan pinjaman, demi membeli barang yang sangat Anda inginkan namun sebenarnya belum dibutuhkan. Hal-hal seperti ini tidak akan membuat Anda melunasi pinjaman secara tepat waktu.

 

Segera Lakukan Pelunasan Ketika Angsuran Telah Selesai

 

Jika pembayaran angsuran telah memasuki bulan terakhir pembayaran, segera hubungi bank Standard Chartered dimana Anda melakukan pencairan pinjaman tersebut.

Bagi yang melakukan pencairan secara online dapat menghubungi pihak bank terkait. Hal ini berguna untuk mengurangi beban dan menyelesaikan pinjaman dengan benar-benar tuntas.

Keterlambatan dalam melunasi fasilitas pinjaman KTA bank Standard Chartered, tentu akan membuat Anda rugi dan merasa menyesal. Selain karena denda yang muncul, pengeluaran pun akan jadi bertambah. Oleh sebab itu, lakukanlah tips di atas agar Anda dapat melunasi pinjaman Anda dengan tepat waktu.

KARTU KREDIT INDONESIA TERBAIK

Jika Anda masih bingung dan ingin mengetahui dengan rinci tentang pinjaman KTA, Anda dapat langsung mengunjungi website CekAja.com dengan cara mengakses link berikut https://www.cekaja.com/banks/scb/pinjaman/kta-standard-chartered-bank-scb.

CekAja.com, akan membantu Anda untuk mengetahui segala informasi tentang produk perbankan lengkap dengan fitur pendukungnya. Informasi yang terpapar cukup jelas dan terperinci serta dapat dibandingkan antara satu jenis kredit dengan jenis kredit lainnya.